1.05.2014

[1Hari1Ayat] So Thankful For


Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?


 


Ayat favorit di surat favorit saya, surat ke-55, ArRahman.

Sudah berulang kali ayat ini menjadi tempat saya akhirnya berlari. Ketika saya merasa hidup demikian sempit, dan hati dipenuhi sesak menghimpit, atau ketika saya merasa demikian enggan melakukan hal yang nyata-nyata bernilai kebaikan. Dalam berulangnya ayat ini, saya merasa berulang kali diingatkan oleh Allah, dengan amat indah. Ayat ini memaksa saya berpikir, sesudah berlimpah nikmat yang Allah berikan, masih pantaskah saya mengeluh, atau menjauh?

Sungguh saya selalu terpesona pada cara Allah membahasakan kasih sayangNya dalam ayat ini. Tidak dengan ancaman, namun dengan sebuah pertanyaan yang demikian menggugah. Maka nikmat TuhanMu yang manakah yang kamu dustakan?

Manusia, yang sejatinya telah dikaruniai nikmat demikian luar biasa, acap kali lalai dan melupakan tujuan penciptaannya. Padahal sebagai makhluk, tidak ada sedikitpun daya kecuali karena kemurahan PenciptaNya. Padahal atas penciptaannya di dunia, terkandung misi penghambaan, beribadah kepada Dzat Yang Menciptakan. Namun, kerap kali nikmat yang berlimpah itu justru melenakan, melemahkan. Manusia sibuk pada penghitungan nikmat tapi lupa mensyukurinya. Sibuk mencatat nikmat orang lain dan iri setengah mati, dan seolah lupa bahwa Allah tidak akan pernah mendzalimi hambaNya. Sibuk membandingkan dengan kenikmatan zhahir orang lain, sementara nikmat sebenarnya tidak hanya berupa hal-hal yang dapat diindera.

Ayat favorit di surat favorit saya ini, selalu akan menjadi tempat saya berlari. Untuk kembali merenung, dan menghitung. Atas nikmat Allah yang tidak akan habis tertulis jika saja lautan menjadi tinta, sudahkah saya menyadari, sekaligus mensyukuri, dengan sebaik-baiknya?



source





 


4 comments:

  1. tetap semaat ya bun..aihh udh ada lg toh, smg tetap sehat dan proses nya nanti lancar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mimi..alhamdulillah, insya Allah amanah kedua. makasih banyak ya doanya..semoga mimi sekeluarga juga sehat2 di sana

      Delete
  2. ayat ini diulang sampe beberapa kali kan ya, aku juga pas mbaca jd pnasaran artinya apa, knp diualang-ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, diulang 31 kali kalo gak salah
      bahasa AlQuran memang sangat indah ya mba

      Delete

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D