1.13.2014

[1Hari1Ayat] Bacalah!


Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
(QS Al Alaq: 1)

Wahyu pertama yang turun adalah 'iqra', bacalah. Dalam pemahaman saya, membaca disini tidak terbatas maknanya hanya pada membaca ayat Qauliyah (yang tersurat) tetapi juga ayat-ayat kauniyah. Membaca tidak hanya kitab-kitab yang bermuatan ilmu, namun juga membaca tanda-tanda kebesaran Allah yang terpampang nyata di seluruh bagian alam semesta. Membaca tidak melulu menjadi kegiatan menelusuri deratan aksara, namun lebih jauh dari itu. Tidak sebatas pada pemaknaan kata demi kata, namun juga penghayatan dalam-dalam atas makna yang terangkai.

Tentu bacaan pertama dan utama kita adalah FirmanNya, Yang Maha benar. Dalam terbata pun, mengeja tiap hurufnya adalah pahala. Bahkan bernilai ganda. Pahala karena kesediaannya bersusah payah belajar, dan karena yang dia pelajari itu. Membaca Kalamullah, merupakan salah satu cara kita untuk menjaga jarak denganNya, agar tetap dekat, agar tetap ingat.

Mulai hari sabtu kemarin, Alhamdulillah dengan izin Allah, suami telah terdaftar mengikuti program ODOJ (One day One Juz). Dan melihat semangat beliau mempersembahkan kholas setiap hari rasanya menularkan energi sekaligus kecemburuan tersendiri. Mengikat komitmen untuk merampungkan satu juz (apapun yang terjadi) menjadi kenikmatan tersendiri. Semoga semangat kebaikan itu juga menular kepada saya, yang masih mencoba melakukan pemanasan sebelum benar-benar terjun ke medan perang.



Mohon doanya yaaaa

0 comments:

Post a Comment

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D