1.19.2014

[1Hari1Ayat] Merugi

here
  1. Demi masa.
  2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
  3. kecuali orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QSAl Asr 1-3)

Surat Al Asr ini, meski sangat pendek namun maknanya sangat dalam. Mengingatkan manusia tentang satu bekal yang Allah sediakan sama, namun sangat jarang meksimal termanfaatkan, yaitu waktu. Padahal dalam surat ini secara lugas disebutkan bahwa semua manusia itu merugi, kecuali orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, nasihat menasihati dalam mentaati kebenaran dan menetapi kesabaran. Dengan kata lain, yang beruntung adalah yang tenggelam dalam aktivitas kebaikan, yang sibuk mengumpulkan pundi-pundi amal. Karena memang hanya ada dua pilihan cara manusia menggunakan waktunya, dengan kegiatan bernilai kebaikan maupun sebaliknya.


Beberapa hari terakhir ini, merasa sangat merugi. Disibukkan oleh berbagai hal yang kurang penting, namun cukup menguras energi. Beberapa pekerjaan kecil yang menjadi besar karena penundaan (ya, terjadi lagi!), dan hal-hal lain terkait kesenangan nan melenakan yang akhirnya mengganggu skala prioritas.
Mari kembali berbenah dan mengatur langkah

0 comments:

Post a Comment

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D