1.13.2014

[1Hari1Ayat] Saatnya Iman Bicara

QS Al Ankabut 1-3






  1. Alif laam miim
  2. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?
  3. Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.  

Apakah bagi orang-orang yang beriman, sesudah apa yang mereka yakini sesungguh hati terlisankan dengan lantang, lantas mereka kemudian bisa berleha-leha begitu saja?
Sekali kali tidak.
Mereka yang melisankan pengakuan itu akan diuji, untuk memberi mereka kesempatan mempersembahkan bukti. Bukti nyata terhadap segala yang mereka yakini dalam hati.

Maka tak jarang kita mendengar cerita tentang pedih perihnya perjuangan mempertahankan keyakinan. Dalam kasus muslimah dan jilbab, misalnya. Masih ada saja orang yang berupaya menghalangi hak seorang muslimah untuk menjalankan kewajiban beragamanya. Dengan alasan-alasan yang cenderung dibuat-buat sekaligus dipaksakan.
Maka di sanalah saatnya iman yang berbicara. DI titik itulah keyakinan yang tersembunyi rapat dalam hati, mewujud nyata dalam laku yang dapat diindera manusia.

Jelas bukan perkara mudah, sebab taruhannya pun luar biasa indah, ridha Allah yang mengantar pada Jannah.








#sebuah renungan pribadi

0 comments:

Post a Comment

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D