2.25.2013

datangya.com: Buat Undangan Pernikahan Online


Pernikahan adalah adalah gerbang agung untuk memasuki fase kehidupan selanjutnya: dunia keluarga. Momen ketika satu unit kehidupan baru mulai menunjukkan wujudnya, yang di dalamnya berisi saling berbagi dan tanggung jawab yang diawali dengan janji suci. Memutuskan untuk menikah adalah satu keputusan besar. Ini membuat momen pernikahan menjadi sangat sentimental. Banyak pasangan benar-benar mengupayakan acara pernikahan mereka punya the best wedding experience ever.

Di balik meriahnya acara pernikahan, selalu ada kisah behind the scene. Semua orang mengalami hiruk pikuk menyiapkan event yang diwanti-wanti hanya sekali seumur hidup ini. Bagi yang sudah menikah, tahu betul bagaimana gaduhnya masa-masa persiapan itu. Salah satu yang super penting untuk dipersiapkan dengan baik adalah perihal undangan. Ini krusial. Kesan pertama acara pernikahan adalah dari undangannya! Selalu muncul lintasan kesan ketika kita pertama kali melihat fisik undangan yang mampir di hadapan kita. Ada "skor/nilai" yang terbetik di benak kita (walaupun sejenak ^^). Dari skor itu kita biasa mengkelompokkan undangan tersebut masuk ke rentang "wow" atau rentang "not bad". Cmon, admit it! :D

Ya, undangan fisik itu konvensional. Walau harus diakui bahwa undangan fisik dengan tertulis nama si penerima masih memberikan personal feeling paling oke bagi si penerima. Tapi undangan fisik ini punya kelemahan: daya jangkaunya terbatas. Semisal, kita punya kenalan yang hendak diundang tetapi dia ada di seberang pulau sana. Bisa sih dikirim menggunakan jasa ekspedisi, tapi apa iya semua kenalan kita di seberang sana mau dikirimin? Duh mana tahan ongkirnya. Beranjak dari sana, banyak yang menggunakan media online untuk menjangkau keluarga dan kenalan yang susah dijangkau dengan undangan fisik. Ada yang menggunakan blog/situs sendiri, social media, dan situs penyedia layanan undangan. Menyebarkan undangan di social media sekarang sudah sangat mainstream, apalagi fiturnya standar sekali. Kurang ciamik, kurang greget. Kalau di blog/situs sendiri, kita bisa atur semau kita dengan catatan kalau kita punya kemampuan khusus untuk mengedit tampilan blog sedemikian rupa sehingga menjadi bagus rupa. Ada web designer yang bisa disewa jasanya untuk mempercantik blog/situs, harganya jangan ditanya. Ada situs penyedialayanan undangan yang bisa jadi solusi. Cuma mesti pinter-pinter milih. Ada yang gratisan tetapi fitur dan tampilannya buruk rupa. Ada juga yang berbayar yang pastinya menawarkan nilai lebih. Ada harga ada rupa :D

Salah satu situs penyedia layanan undangan online adalah datangya.com. Dari namanya bisa ditebak dong kalau ini karya anak negeri. Seperti umumnya penyedia layanan sejenis, datangya.com menawarkan fitur tampilan foto, peta, teks sambutan dan undangan, pilihan tema, dan buku tamu.
Bedanya: datangya.com lebih user friendly. Dari registrasi akun, kita akan dituntun langkah demi langkah. Tiap langkah hanya perlu mengisi sejenis formulir dan tiap item formulirnya mudah dipahami. Terlebih jika sebelumnya sudah liat-liat koleksi tema datangya.com. Bisa lebih familiar dengan isian formulirnya nanti, dan bisa membayangkan isian formulirnya akan muncul di bagian mana dari undangan online-nya. Item yang ditanya contohnya: nama pengantin pria, nama ayah, nama ibu, tanggal nikah dan tanggal resepsi. Gampang kan?


datangya, penyedia jasa undangan pernikahan online


Tampilan fotonya tampil di halaman depan dengan slider yang elegan. Maksimal foto yang ditampilkan adalah lima foto. Peta terhubung dengan Google Maps, layanan peta yang populer dan powerful, memudahkan untuk mencari alternatif jalan menuju lokasi. Kita juga bisa mengunggah gambar denah sendiri. Buku tamu juga terhubung dengan facebook. Komentar di buku tamu bisa juga terposting ke facebook. datangya.com sepertinya facebook-friendly nih. Cocok yang punya banyak kenalan di facebook yang mau diundang. Good way to make the event goes viral.

The Wow Factors

Sebagai jasa berbayar tentu ada yang spesial dari datangya.com, inilah the wow factor.

1.Tema yang ditawarkan beragam dan ciamik.
Mungkin inilah yang menjadi pertimbangan utama memilih. Kenapa, kenapa? Ketika memutuskan untuk mengumumkan ke seluruh jagad maya, we want to do it with some style, right? Masa' udah bikin situs undangan sendiri malah gak keren. Maka tampilan harus dapat porsi yang besar.  datangya.com menawarkan beragam tema yang bisa disesuaikan dengan konsep acara pernikahannya. Dari yang gelap dan elegan sampai yang hangat dan penuh warna. Temanya simple yet beautiful. Favorit saya golden, soft grey, moli, dan pacifico.

salah satu tema yang disediakan datangya, penyedia jasa undangan pernikahan online


2. Customer service
Ini yang penting buat yang belum ngerti membangun situs undangannya. Bisa dipandu langsung via yahoo messenger. Atau yang mau tanya-tanya apa pun tentang datangya.com. Secara ini berbayar, perlu jalur komunikasi yang mudah dan murah diakses. Biar kalau ada masalah bisa langsung dikonfirmasi dan minta bantuan.

3. Mendukung mobile theme
Undangan online jika dilihat via mobile device akan dioptimasi menggunakan mobile theme. Penting nih, dimana banyak orang yang mengakses internet via ponsel. Jadi undangan online tetap tertampil dengan baik dan jelas darimana pun mengaksesnya.

4. Personal Touch
Udah sempet disinggung di atas tadi, nama penerima yang tertulis di undangan fisik itu bisa sangat sentimentil bagi penerima. Nah di datangya.com ada yang namanya Special Invite. Misal Anda mau ngundang saya, datangya.com memberikan fitur undangan dengan link khusus. Jika dibuka link-nya akan ada tulisan “Special invitation for Septa Anis Prayoga & fam” atau sejenisnya. Undangan ini bisa disampaikan ke email atau wall facebook penerima. Saya yakin fitur ini bisa menaikkan derajat undangan lebih berharga berkali-kali lipat di mata penerima. Datangya.com adalah pelopor fitur semacam ini. Fitur yang cakep.

5. Money Back Warranty
Datangya.com punya program yang humanis banget. Kalau klien mengalami perubahan jadwal pernikahan, klien dapat menghubungi datangya.com untuk mengubah tanggal pernikahan di situsnya (yang secara default tidak bisa diubah jika sudah “on air”). Dan jika karena alasan tertentu ternyata pernikahan urung dilaksanakan a.k.a. batal, datangya.com akan mengembalikan pembayaran klien. Ini baru keren. Menyiratkan datangya.com turut peduli atas "musibah" yang dialami kliennya. Fitur ini jelas akan sangat disukai klien (walaupun dihindari juga, siapa juga yang mau nikahnya batal :D )

Nikah Batal, Uang Kembali: Fitur oke datangya, penyedia jasa undangan pernikahan online


Ada banyak penyedia layanan undangan online, datangya.com hadir dengan the wow factor yang patut diperhitungkan jika ingin membuat undangan pernikahan online. Semua fitur datangya.com bisa diakses dengan biaya relatif terjangkau, Rp. 250.000. Yang saya tahu, ini lebih murah dibanding nyewa hosting, domain dan jasa permak situs.

IDR  250.000 is style, goes viral, and great wedding experience. Those seem worth it.
Hayuk yang mau nikah, yang mau nikah. :D

----------------------------------------------

Tulisan ini diikutkan dalam Datangya Blog Competition

2 comments:

  1. Asyikkk yaaa sepertinya pake undangan online ini...
    good luck...
    silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/02/datangyacom-ahlinya-undangan-pernikahan.html
    terimakasiihh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk mudah menggunakannya.
      Datangya bisa coba digunakan dulu, kalo cocok baru bayar.
      Fair play dari datangya :D

      Semoga mendapat hasil yang terbaik ya.

      Delete

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D