5.31.2012

Rumah-rumah Kami di Sana

Kali itu di atas panggung Aula Asrama Haji Rantauprapat, Ima Zahra menanyakan siapa di antara peserta acara "Training Motivasi Berani Bermimpi" yang memiliki blog. Rasanya tidak sampai 10% dari 600 orang lebih yang ada di ruangan itu mengangkat tangan. Saya tidak ikutan angkat tangan karena saya panitia dan sibuk dengan dua piranti dokumentasi yang saya pegang, dan tentunya karena saya pemalu orangnya. :D

Karena disuruh nulis sama Bunda, teringat kejadian di atas jadi muncul ide iseng untuk nge-list beberapa rumah maya kami.
Ini dia list-nya.

1. anissyifa.multiply.com


Ini adalah rumah pertama saya di dunia maya. Dibuat jaman kuliah dulu. Saya menjudulinya dengan Griya Maya. Rumah ini isinya beragam. Semua lintasan pikiran yang menarik saya masukkan di sini. Senang berbagi dengan komunitas di sana -yang sebagian besar di antaranya anak STAN juga sih-. Ada kaka Futa dan Dhayu (dua MP-er beda angkatan di kampus dulu yang akan menikah 4 Juni ini), ada ainalzone, ada Pak Didi Sederhana, priyayimuslim (yang sekarang jadi salah seorang dedengkot fimadani.com dan hasanalbanna.com), enha1987 & semanggi (pasangan MP-er), laptopmini (admin fimadani.com), dan seabreg kontak lainnya. Yang spesial tentunya ada 1ayu yang sekarang jadi istri saya, ehem (eh, kami pasangan MP-er juga ya).

Yang unik dari multiply ini adalah adanya PR posting berantai. Si tukang posting memberi PR ke kontak yang dia mau untuk menulis dengan tema yang sama yang sudah ia tulis. Seru juga mengikutinya, walaupun saya -alhamdulillah- jarang kena PR. :forever alone meme: haha

2. 1ayu.multiply.com


Ini blog Bunda. Ayu Cinta Pencipta Semesta. Ditulis menggunakan gaya huruf khas remaja ababil. Haha, ada yang manyun kalau saya bilang gitu.
Khas Bunda banget tulisannya. Karena pada dasarnya "cucu" mbah Sapardi, sukanya yang puitis. Saya mesti baca berulang-ulang untuk menerka makna tulisan Bunda. Penyuka Supernova dari Dee ini sepertinya meninggalkan jejak-jejak semesta di nama tag untuk tulisannya. Unik sekali dan -sekali lagi- mungkin cuma Bunda yang mengerti, haha.

3. anissyifa.blogspot.com


Niat awalnya blog ini saya buat untuk bookmark artikel-artikel di dunia maya yang terkait kehamilan. Maklum saat itu masa awal Bunda mengandung. Terakhir, blog ini jadi mengumpulkan berita dan artikel tentang Islam. Untuk mengisi blog ini saya banyak menjelajah situs berita Islam nasional, googling blog tentang Islam, ngubek-ngubek halaman situs suratkabar versi cetak, sampai menerjemahkan berita dari situs berbahasa Inggris. Update-nya juga sesuai selera aja, kapan sempat-kapan mau.

Mungkin dari aktivitas saya di sini, Pak Priyo mengajak saya ikutan satu proyek ambisius terkait media Islami. Walaupun saya akhirnya tidak begitu bisa berperan banyak, proyek itu sendiri sekarang sudah menjelma menjadi salah satu situs Islami yang dikenal luas secara nasional. Salut untuk Pak Priyo, Pak Fatih dan Bu Bolung --nama-nama di balik melesatnya fimadani-.

4. 1semesta.blogspot.com


Ini blog personal Bunda. Beranjak dari rumah di multiply yang sudah lama ditinggalkan, bunda punya rumah baru. Tapi tak berapa lama diisi Bunda sudah punya ide untuk bikin rumah baru lagi. Blog keluarga. Hedeeeeh :D

5. komikcoret.blogspot.com


Satu lagi blog niche saya. Niatnya ini dijadikan blog komik yang rutin diupdate. Yah semangat anak muda angin-anginan. Dan sekarang sudah tidak terupdate lagi. Mungkin dipindahin aja di blog keluarga aja. Biar semua campur aduk kayak rujak. :D
Karakternya Ayah dan Bunda. Ayah terinspirasi dari saya, dan Bunda dari Bunda. Narsis banget ya. :D
Dibuat menggunakan program Inkscape (sejenis CorelDRAW dan Adobe Illustrator). Sekalian belajar menggambar menggunakan vektor. It's not easy, maa~aan. Ribet ternyata. Salut untuk artis-artis vektor sedunia.

------------------
update 01/06/2012
6. ngobrongdol.tumblr.com


Ada yang ketinggalan satu nih. Rumah saya di tumblr, ngobrongdol. Berasal dari frase "ngobrol dong" yang diplesetkan. Sebuah chatstrip yang sebagian besarnya mendokumentasi percakapan Ayah dan Bunda. Lebih tepatnya, mendokumentasikan ke-oon-an Bunda sih, haha.
--------------------

Yup, itulah beberapa rumah kami di ujung dunia sebelah sana. Semoga tidak hanya bermanfaat bagi empunya rumah. :D

0 comments:

Post a Comment

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D