5.23.2012

parenting style


Saya yakin, setiap orang tua pasti ingin memberikan segala yang terbaik untuk anaknya. Namun tentu saja, definisi terbaik itu menjadi demikian relatif, bergantung setiap orang tua memahaminya. Itulah salah satu alasan mengapa saya sangat menyukai tagline The Urban Mama, there is always a different story in every parenting style.
Sebab parenting, tidak hanya berkaitan dengan ilmu, namun juga seni dan filosofi. Sebab setiap anak istimewa, dan hanya orang tuanya lah yang tahu persis tentang segala sesuatunya. Maka parenting tidak hanya melibatkan ilmu dasar yang biasanya bersifat general, tetapi juga memerlukan sentuhan personal.
Bagi saya, adalah hak setiap orang tua untuk mewarnai sang putra/putri dengan celupan warna pilihan mereka. Dan atas hak tersebut, sebisa mungkin saya menghormati, sembari meneladani jika saya menemukan hal hal baik yang belum saya terapkan atau miliki.
Namun tentu saja, perbedaan terkadang mengundang gesekan. Gaya parenting yang berbeda sering menggelitik hati untuk menyelidik, menyerngitkan kening, hingga mengkritik. Hal ini pun pernah saya alami. Dalam kehidupan keseharian para ibu, dimana anak selalu menjadi bahasan utama, parenting style tentu menjadi satu bagian pembahasan yang tak terpisahkan. Jika yang terjadi adalah saling berbagi ilmu, tips ataupun  cerita motivasi seputar mendidik anak, tentu yang diperoleh adalah tambahan pengetahuan dan wawasan demi perbaikan. Namun yang biasanya terjadi justru pembandingan gaya parenting dengan  didasari keyakinan bahwa parenting style versi-nya adalah yang paling benar. Dan pendapat itu tidak boleh terbantahkan. Orang orang dengan tipe demikian terkadang tidak sungkan untuk mengkritik terang terangan parenting style orang tua lain, sembari menghakimi, bahkan menyalahkan. Sungguh bukan pilihan sikap yang bijak.
Saya yakin, setiap orang tua pasti ingin memberikan segala yang terbaik untuk anaknya. Dan saya pun amat yakin, tidak ada satu orang tua pun yang tidak berkeberatan dikritik, dihakimi atau disalahkan atas gaya parenting yang dia terapkan. Memberi masukan adalah kebaikan, namun menyampaikan masukan itu dengan cara yang baik adalah poin lain yang menjadi syarat mutlak agar masukan itu tetap bernilai kebaikan.

0 comments:

Post a Comment

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D