1.19.2013

Menanti Kiriman Tauco

Sesekali Ayah nulis lagi. :D

Ceritanya saya lagi nunggu surat dari empunya tauco. Kemaren sudah ngajuin permohonan biar dikasih tauco. Karena masih dalam tahap pembuatan, saya disuruh nunggu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Tauco ini bukan sembarang tauco. Ini tauco modern. Hasilnya bisa dinikmati pake iPad dan tablet. Nama alaynya Tauchoo Creator. Tauchoo Creator ini adalah program yang bisa digunain untuk buat ebook interaktif. Ebooknya nanti bisa dirilis ke market-nya android atau ke store-nya apple.



Ebook interaktif? Itu lho buku cerita (biasanya untuk anak-anak) yang berupa narasi yang disertai ilustrasi, nah ilustrasinya ini sifatnya interaktif. Bukunya bisa ngasih respon ketika pembaca ngasih input tertentu, misalnya menyentuh ilustrasinya atau menggoyangkan tabletnya. Responnya bisa beragam: memainkan suara/musik tertentu, memainkan animasi tertentu, dan lain-lain. Nanti nonton video di bawah deh biar lebih ngeh.

Niat saya biar ebook bisa dibacain sama Bunda untuk Fayyadh. Fayyadh kan seneng dibacain cerita. Kalo lagi dibacain buku cerita, Fayyadh suka nunjuk-nujuk gambar trus nanya, "Ini apa?". Semua ditunjukin, sampe ceritanya malah urung selesai dibacain. Terlebih (katanya) udah deket masa mutasi kantor yang akibatnya saya sama Bunda dan Fayyadh bisa gak bisa satu atap lagi. Membayangkan ebook ini jadi semacam penyambung rasa sayang di kala gak bisa berjumpa. Dibacain Bunda sesaat sebelum tidurnya Fayyadh. Fayyadh nunjuk nanya ini-itu. Fayyadh sama Bunda ketawa-ketawa. Dan akhirnya si kecil terlelap. Ah, membayangkannya saja sudah jadi haru gini. Jadi semangat deh. :D

Saya membayangkan ebook ini bisa dibaca di tablet android. Ada beberapa alternatif selain tauco. Ada pixlore yang masih private beta juga alias belum rilis. Saya ikut daftar untuk dapet akses ke program private betanya. Kebanyakan yang sudah rilis untuk umum adalah program yang berbayar. Sebut aja moglue (yang dibayar per buku yang dibuat dengan rate hampir dua juta/buku) dan photoshop+kwik+corona (yang juga mahal). Sebenernya ada cara gratis untuk bikin ebook semacam ini. Syaratnya harus bisa coding manual alias ngetik sendiri tiap kode yang dibutuhkan tiap barisnya--yang mana saya terlalu malas untuk belajar gituan--. Semoga nanti tauco atau pixlor ada versi windows-nya dan gratis untuk selama-lamanya. Aamiiiin.
  
Ini video tentang tauco yang sudah saya bicarakan di atas.


Skenario lain untuk bikin ebook ini adalah menggunakan software untuk bikin game html5, hasilnya ntar di-convert ke aplikasi android pake PhoneGap. Kalo software untuk bikin game html5 ada yang gratisan, contohnya tululoo. Sementara menunggu kiriman Tauco nyampe, mungkin ini dulu mau coba dijalanin. Semoga wokeh punya. Okeh, begitulah yang bisa saya ceritakan sementara. Semoga surat selanjutnya dari tauco segera tiba. Sudah gatel mau mulai bikin. Daaaan... Selanjutnya, masalah pertama yang mesti dipikirin adalah .... ....
kami belum punya tablet!
*gubrak
*trus ngapain mau bikin ginian?? haha

2 comments:

  1. Lhooo...
    Gak punya juga gak papa lah..
    Yang penting kan udah diniatin:-)

    Insya Allah kesampaian deh:-)

    Anyway,
    Sepertinya aku udah pernah komen di post mu yang lalu deh...
    Ngilang kaaaah?

    ReplyDelete
  2. Aamiiin...
    *sepenuhhati :D

    Iya, ada notifikasinya juga di email. Tapi pas di cek ke halamannya, udah menghilang. Kurang tau juga kenapa.

    ReplyDelete

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D