1.23.2013

Buat Photobox Sendiri Yuk!

Ayah nulis lagi

Tete~p masih tentang teknologi. Kali ini saya kasih tahu tentang aplikasi hepi-hepi. Bisa juga jadi ide bisnis lho, khususnya bagi yang berminat mendalaminya.

Rasa-rasanya masih banyak yang kenal dengan istilah photobox. Ya, tempat berwujud kotak untuk berfoto ria dengan prinsip swalayan dan hasil fotonya bisa dibawa pulang secara instan. Hasil fotonya pun punya ciri khas yaitu susunan empat foto berjejer ke bawah. Jujur nih saya belum sempet ngerasain kena tabok flash di dalam photo box pas masih muda dulu, pas jaman hebringnya photobox. Maklum kuper, haha. Kalau sekarang mungkin sudah gak jaman lagi ya. Sedikit banyak pasarnya digerus sama ponsel berkamera yang memudahkan siapa saja untuk mengambil gambar. Dicetak? Hari ini masa emasnya social media. Foto-foto trus di upload. Kalau hari ini masih ada photobox di pusat keramaian, masih ada yang minat gak ya?

Terlepas dari itu, bikin photobox buat seru-seruan boleh juga tuh. Misal, pas event ulang tahun atau resepsi pernikahan keluarga, asik juga kalo pengunjung bisa bawa pulang souvenir berupa foto mereka sendiri. Yakin deh mereka suka sama souvenirnya. Prinsip narsisme, haha.

Di google, banyak tautan yang bisa dikunjungin untuk tahu gimana cara bikin sendiri photobox. Search aja "DIY photobooth". Dalam bahasan DIY photobooth yang termasuk hangat dibicarakan adalah software apa yang digunakan. Dari beberapa software trial yang sudah saya coba, yang paling berkenan di hati adalah punya Breezesys, namanya Webcam Photobooth (WP). Untuk penggunca DSLR Canon/Nikon dan Canon seri Powershot tertentu, Breezesys juga punya software serupa.


WP trial ini tentunya sudah mencakup fungsi dasar dari software khusus photobooth: mengotomasi proses dari pengambilan sejumlah gambar, menyusun hasilnya ke layout cetak, dan mencetak. Intinya, klik trigger - narsis - ambil hasilnya. Walaupun trial, WP menyuguhkan fitur yang sama persis seperti versi berbayarnya (900 ribu-an). Dibatesin sampe 30 hari sih. Bedanya sama software trial lain, WP trial gak ngerusak hasil cetak fotonya pake watermark. Ini bermanfaat banget buat kita-kita yang mau pake untuk special ocassion atau event yang biasanya digelar gak sampe sebulan. Maka versi trial udah sangat cukup. Pun jika mau pake trial lebih dari 30 hari, teknologi bajak-membajak udah lebih pinter. Tinggal googling bisa dapet lah itu caranya. :D

Photobooth mode yang disertakan awalnya masih sangat standar alias jelek. Tapi kalo cuma buat dipake sendiri, bisa lah ditolerir. Di situsnya, Breezesys memberitahu manual mengedit tampilan photobooth mode sesuai kemauan kita. Karena WP ini salah satu program populer, kita bakal banyak menemukan tutorialnya di dunia maya. Salah satu hasil edit oke punya bisa dilihat dimari.


Apa yang perlu disiapin nih? Yang dibutuhin cuma komputer (PC/laptop), webcam/DSLR Canon-Nikon/Powershot Canon, printer sama kertas fotonya.
Kalo mau lebih repot boleh juga nyiapin latar belakang, boleh pake kain atau segila kreasi masing-masing. Atau pake layar hijau, software WP bisa ganti layar hijau jadi gambar apa pun secara digital. Kayak di behind the scene di film-film hollywood gitu.
Menggunakan webcam itu rentan jelek hasilnya jika kondisi minim cahaya. Jangan cuma memanfaatkan cahaya dari monitor. Menggunakan sumber cahaya sendiri yang mengarah dari arah depan kita adalah pilihan yang bijak.
Kalau ada monitor layar sentuh, makin ajib deh. Bisa juga pake tablet. Tinggal cari aplikasi yang bisa bikin tablet jadi monitor kedua dari PC/laptop. Di tablet android bisa pake aplikasi iDisplay.
Lebih seru pake mainan properti seperti gambar di bawah.



Semua disiapin, sudah bisa mulai narsis. :D

Semoga bermanfaat.

9 comments:

  1. Iya yah...
    sekarang banyak fasilitas buat bikin photobox yah...

    biasanya aku suka pake pics art, gambarnya lucu lucu :)

    ReplyDelete
  2. iya, sekarang udah banyak aplikasi smartphone untuk fun photo. Saya pake empat aplikasi, malah: little photo, paper camera, camera360, pixl express. :D

    Kalo software di post di atas dipakai kalo mau foto trus langsung cetak otomatis di printer. Disimpen jadi pengetahuan, siapa tau kapan-kapan mau iseng mau diaplikasiin di acara keluarga. :D

    ReplyDelete
  3. waaahh, makasih share infonya, mba. aku jadi tahu hal beginian, belum pernah nyobain,hhehe

    ReplyDelete
  4. ayu juga sebenarnya ga faham kalo masalah kayak gitu.itu suami yang jauh lbh ngerti

    dicoba yuuuk..

    ReplyDelete
  5. Wah bermanfaat banget nih, makasih buat infonya :)

    ReplyDelete
  6. Budget untuk beli kamera kira kira berapa..? apakah harus menggunakan kamera yang berkualitas hd untuk bisa menghasilkan foto dari photobooth yang jernih atau bisa juga menggunakan webcam dan dipoles dengan photoshoop kira kira lebih prefer yang mana ya

    ReplyDelete
  7. great sharing.. sangat menarik sekali DIY Photobox..

    TErima kasih atas sharing infonya..

    ReplyDelete
  8. tips yang sangat bermanfaat.. ditunggu tips tentang photo instant berikutnya..

    salam photo box

    ReplyDelete
  9. untuk izin usaha kode klasifikasinya masuk kode KBLI nomor berapa ya

    ReplyDelete

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D