9.08.2018

Komunikasi dengan suami

Ada sebuah ungkapan di Jawa yang berbunyi 'angon mongso', artinya memilih waktu yang tepat untuk menyampaikan sesuatu, baik berupa permintaan maupun penyampaian hal-hal yang berpotensi menimbulkan kesalahpahaman. Sebagai seorang istri, dituntut untuk peka dan mengetahui kapan sebaiknya membicarakan hal-hal yang serius atau sensitif. Bagi saya pribadi,karena kami masih menjalani LDR hingga saat ini, sedapat mungkin pembicaraan serius dilakukan secara langsung ketika suami pulang di akhir pekan. Namun tentu saja saya harus berhati-hati memilih waktu diskusi. Setelah memastikan segala kebutuhan suami terpenuhi, setelah memastikan lelahnya menempuh perjalanan berangsur mereda dan anak-anak terobati kerinduan pada ayahnya, dari sanalah saya akan mulai mencari celah waktu yang tepat. Karena saya ingin memastikan pesan saya diterima dalam kondisi hati,fisik dan pikiran yang jernih sehingga menghasilkan respon yang baik.
Hal penting lain adalah mengatur intonasi suara sehingga suami berkenan mendengarkan. Menghindari intonasi tinggi dan berusaha menyampaikan informasi secara ringkas dan lugas. Keep information short and simple (KISS) ini dilakukan agar sesuai dengan cara kerja otak laki-laki yang lebih mudah menerima informasi singkat dan mengena.

#day2
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 comments:

Post a Comment

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D