3.05.2013

Guruku, Mbah Kakungku

Adalah Mbah Kakung yang mengajarkan saya banyak hal terkait Jogjakarta,dan budayanya terutama bahasa Jawa. Beliau merupakan abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Setiap hari, di umur yang telah berkepala 8, beliau masih sanggup bersepeda onthel dari rumah kami ke Keraton untuk "ngabekti" sebagai juru ukur tanah Keraton. Kecintaan pada tanah tempat hidupnyalah yang membuat beliau tetap bersemangat menjalani hari-hari selepas pensiun dengan ngabekti di Keraton.

Kentara sekali keinginan beliau untuk mewariskan kecintaan pada kebudayaan Jogja dan pernak-perniknya. Salah satu buktinya adalah ketika Mbah Kakung membelikan saya buku cerita bertuliskan aksara Jawa hanacaraka dan seterusnya. Kemudian setiap sore, mbah kakung akan  meminta saya membacanya dengan keras, sambil sesekali membetulkan bacaan saya yang salah. Beliau selalu siap membantu saya menyelesaikan PR Bahasa Jawa dari sekolah. Ketika saya bercerita bahwa di sekolah ada mata pelajaran karawitan (belajar memainkan gamelan Jawa), beliau antusias mendengar cerita saya. Apalagi ketika saya berhasil menjadi juara lomba geguritan (membaca puisi berbahasa Jawa) kebanggaan jelas terpancar dari wajah beliau.




Diantara banyak hal yang beliau ajarkan, ada satu hal yang berulang kali beliau tekankan yakni trap-trapaning basa. Artinya, menggunakan bahasa secara tepat, sesuai dengan tata krama dan nilai sopan-santun. Sebab bahasa Jawa memiliki 3 tingkatan yaitu ngoko(biasa), krama alus/krama madya (bahasa halus tingkat menengah), dan krama iggil (bahasa halus tingkat tinggi). Bagi saya, bagian pelajaran ini tidak mudah. Sebab tidak hanya dibutuhkan pengetahuan, namun juga pembiasaan dan keberanian. Padahal, dalam kehidupan sehari-hari berbahasa Jawa menjadi satu kondisi yang tidak terhindarkan.Contohnya, jika ada seorang tetangga, Pak Septa misalnya, bertamu ke rumah kita.

Assalamu'alaikum
Wa'alaikumsalam.
Nyuwun sewu pak, badhe kepanggih sinten nggih?
Bapak neng dalem,dek?
Nggih, nanging bapak nembe tilem.
Apa ora tindak neng daleme Pak RT? Jare ana rapat pengurus koperasi.
Mboten pak, wau bapak criyos menawi meriang, dados mboten saged kesah wonten dalemipun Pak RT.
Assalamu'alaikum
Wa'alaikumsalam
Maaf pak, mau bertemu siapa ya?
Bapak di rumah dek?
Iya, tapi bapak sedang tidur.
Apa dia tidak pergi ke rumah Pak RT? Katanya ada rapat pengurus koperasi.
Tidak, Pak. Tadi bapak saya bilang sedang meriang jadi tidak bisa pergi ke rumah Pak RT. 

Dalam percakapan singkat ini, kita akan menemukan dua bentuk kata yang sama-sama berarti pergi yakni tindak dan kesah. Tindak merupakan bentuk krama inggil dari kata lunga (pergi). Pak Septa menggunakan kata tindak sebagai bentuk penghormatan terhadap ayah saya, sementara saya menggunakan kesah karena subjeknya adalah ayah saya, dimana pilihan yang lebih pas adalah menggunakan krama madya, bukan krama inggil. Jika saya menggunakan krama inggil, tersirat kesan seolah saya sombong, namun juga keliru menggunakan bahasa ngoko karena berarti saya tidak menghormati orang tua saya sendiri. Jadi digunakan yang pertengahan, krama madya. Demikian juga dengan kata tilem yang berarti tidur, adalah pertengahan antara kata turu dan sare.
Pak Septa konsisten menggunakan diksi yang termasuk bahasa krama inggil yaitu dalem( omah-griya-dalem), tindak (lunga-kesah-tindak). Sementara saya menggunakan krama madya untuk kata-kata yang subyeknya adalah ayah saya, namun menggunakan krama inggil untuk subyek Pak RT (saya menyebut rumah Pak RT dengan dalem, bukan griya) semata untuk penghormatan.

Jujur, saya masih  sering keliru menerapkannya dalam percakapan keseharian. Apalagi sesudah saya cukup lama hidup di Sumatera. Terlebih, suami pun orang Magelang yang hanya numpang lahir, namun besar di Bengkulu. Makin jarang saya menggunakan bahasa ibu. Jika dulu masih ada Mbah Kakung yang setia mengingatkan, sekarang saya memilih bermain aman dengan menggunakan bahasa Indonesia. Namun, jika pulang kampung tentu saya tidak bisa menghindar, keluarga besar bisa dipastikan akan riuh berbahasa Jawa. Dan saya, harus siap dikoreksi setiap kali, atau tergagap beberapa saat mencari kata yang tepat. Namun sungguh, saya sering sekali rindu dengan suasana itu, dan rindu pada guru saya, Mbah Kakung yang tetap ganteng di usia senjanya.


Postingan ini diikutsertakan di aku cinta bahasa daerah giveaway





18 comments:

  1. Waw, ini sepertinya udah advance nih bahasannya XD

    Aku lumayan bisa berbahasa Jawa alus, tapi sekarang udah jaraaaanng banget dipake. Kalau dipake ngobrol mungkin udah gagap mikir-mikir dulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. advance apanyaaaaaaaaa?udah ilang tuh segala yang dulu nempel di kepala
      hahaha

      kalo sekarang udah banyak bengongnya dek
      hadeeh

      Delete
  2. Aku dari dulu paling kagum kalo denger orang Jawa ngobrol. Sampai punya cita-cita luhur kelak bersuamikan orang Jawa. Apa daya, cowok Jawanya enggak ada yang mau sama aku, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sungguh cita-cita mulia, mba della..
      gakpapa belum berjodoh bersuami jawa, mungkin nanti menantu?
      #eh

      Delete
    2. Hmmm.. layak dipikirkan.. tapi kesian besanku nanti, hihihi..

      Delete
    3. hihihi mb della bisa ajah

      Delete
  3. Wuih manteb nih. Tapi kalo aku kok agak aneh bilang Bapak tilem atau kesah.. hehehe walopun itu ngomong sama orang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan emang masalah nilai rasa dek. kalo aku justru yang merasa aneh kalo bilang sare.
      hahaha

      kawula alit soale kamih inih, gt kata mbah kakung dulu.

      Delete
    2. Bukan masalah gitu sih.. Soalnya mamaku ngajarinya kalo bilang buat mama papa itu sare..hehehe jadi udah kebiasaan aja..

      Delete
  4. wuiihh mbak kakung nya abdi dalem toh, wah bener2 keren yoo mbak, salam kagem mbak kakung :D

    Matur suwun sampun nderek mbak, dicatet PESERTA :D

    ReplyDelete
  5. Iya,bunda dzaky..masalah kebiasaan dan pembiasaan juga..

    ReplyDelete
  6. Ganteng to mbah kakungku,niar?
    Hehehe

    Makasih ya udah didaftar jd peserta..

    ReplyDelete
  7. Waaah..., mantap, Mbak, pernah menjadi juara geguritan segala. Semoga yang ini sukses ya, Mbak.

    Ohya, Mbak, sekadar informasi. Saya komentar ini menggunakan akun blogspot saya yang baru, sebab yg lama sudah tidak aktif. Ohya, blog Mbak ini juga sudah saya follow. Makasiiih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah jaman dahulu kala itu pak..

      amiin..semoga nyantol yang ini ya pak.

      oh,pantes gak pernah ada apdet.siap pak nanti ayu follow blog barunya

      Delete
  8. Wah...
    ternyata mbah Kakung jadi abdi dalem yah Yuuu...
    dan emang masih kuat naik sepeda onthel gituh?
    hebaaaat :)

    kebayang ituh baca buku cerita pake aksara jawa hanacaraka
    *pingsan duluan*

    salam hormat buat mbah Kakung yah :)

    ReplyDelete
  9. Betul mba..masih kuat aja ngonthel gt. Walopun brgktnya agak siangan,nunggu agak sepi jalanan. Hehehe

    Hahaha, baca buku cerita hanacaraka..kira2 anak jaman sekarang msh mau gak yaa?

    ReplyDelete
  10. mbah kakung saya juga sering memberikan wejangan, motivasi dan kadang "sangu" buat cucunya ^^

    ReplyDelete

Menyenangkan membaca komentar dari teman-teman. :D